Masih dalam suasana semangat HUT RI ke 74 dan merayakan tahun baru Hijriyah 1441 Pemdes Mranggen gelar perti desa dan gelar budaya tahun 2019. Perti Desa di mulai pada hari Jum'at 13 September dengan kegiatan Nyekar Ageng ke semua makam yang ada di Desa mranggen. Dilanjutkan dengan doa bersama untuk memohon kepada Tuhan YME agar diberikan kelancaran dan keselamatan semuanya. 

Kali ini mengusung tema " Gotong Royong Membangun Desa menuju Desa Mranggen Yang Unggul". Baik unguul bidang Spirituil, Pendidikan maupun Pembangunan Umum. Selanjutnya acara yang ke tiga adalah Pawai Karnaval Potensi Desa yang diikuti segenap warga seluruh Desa dari 14 Dusun. Masing-masing dusun menampilkan krasinya untuk memikat para penonton. Hadir dalam acara tersebut Bapak Camat Srumbung, Bapak Kapolsek Srumbung, Bapak Kades Mranggen dan Tokoh masyarakat serta tamu undangan yang lain. 

Pada hari yang ke tiga disuguhkan pentas jatilan" Tri Mudo Utomo "dari Gondangsari dan malam harinya dipentaskan jatilan dari Salamsari yang bernama" Turonggo Marsudi Utomo ". Pertunjukan dapat memberikan hiburan kepada masyarakat tidak hanya dari  desa Mranggen namun juga dari luar Desa Mranggen.