Sejak tahun 2012 Desa Mranggen sudah ada embrio OPRB dengan diberikanya sarpras radio komunikasi yang berupa Stasiun pancar ulang ( RPU ) yang didirikan di lokasi Kantor Bali Desa Mranggen dan beberapa unit HT dari Rekompak. Fungsi RPU adalah untuk memancarkan ulang gelombang radio HT yang dikrirm kepada radio HT yang sama frekwensinya. Dari segi biaya operasional harian tidak memerlukan biaya yang banyak seperti layaknya sarana komunikasi lainnya seperti HP dan Telephon yang harus membeli pulsa. 

Tujuan dibangunnya RPU ini adalah untuk pusat informasi sosial terutama bidang mitigasi bencana. Karena Desa Mranggen terletak di kawasan rawan bencana III ( KRB III ) dengan Gunung Merapi. Segala informasi terkait dengan pemantauan aktifitas gunung diinformasikan melaui HT yang kemudian dipancarkan ulang melaui RPU ini. Pengguna dari sarana ini adalah semua perangkat desa dan relawan desa yang tergabung dalam satu organisasi yaitu OPRB Surya Buana.

Setelah beberapa waktu sempat tidur dari kegiatan, mulai tahun 2019 Pemdes dan personil relawan berusaha mengaktifkan kembali fungsi RPU ini. Dengan melakukan perubahan, Service, dan perekrutan anggota OPRB sehingga RPU dapat berfungsi dan berguna kembali. Bahka anggota dari OPRB semakin banyak lagi seiring ikut bergabungnya relawan dari dusun-dusun yang masuk. Dan akhirnya pada tanggal 19 September 2019 tepatnya hari Kamis jam 15.00 WIB OPRB Surya Buana Desa Mranggen diresmikan oleh bapak Gunawan dari BPBD Kab. Magelang. dalam kesempatan peresmian OPRB Surya Buana tersebut dihadiri pula Bapak Heri dari Dinas Pemadam Kebakaran Kab. magelang, Secam Kec. Srumbung Bapak Moch Chusen dan beberapa group relawan dari luar Desa Mranggen.  Dalam sambutannya bapak Gunawan mengatakan" Kami menyambut gembira dengan adanya OPRB Surya Buana yang akan saya resmikan ini karena di Kabupaten Magelang ini akan lahir satu kelompak relawan yang akan sangat membantu kami dalan penangana bencana di wilayah Magelang ini. nantinya kami harapkan Frekwensi dari RPU Surya Buana dapat di sambungkan dengan PUSDALOPS BPBD sehingga segala informasi mengenai kebencanaan akan cepat kami respon dan tindak lanjuti"

OPRB Surya Buana diharpkan menjadi organisasi sosial masyarakat yang tanggap dan peduli dengan kemanusiaan dan mampu menjalankan tugas dan fungsinya sehingga dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat  desa Mranggen.