Bumdes Surya Buana dibentuk pada tahu 2018 untuk memenuhi amanat undang-undang. Dengan menggunakan lambang/logo Sinar Matahari yang dibentuk segi liima melambangkan sinar matahari yang senantiasa menerangi segala penjuru alam akan memberikan kehidupan yang cemerlang. Segi lima melambangkan landasan idiologi pancasila. Gambar bola ditengah melambangkan bola dunia yang senantiasa memberikan potensi alam yang melimpah dan gambar 2 tangan yang melambangkan kesinambungan, kerja cerdas dan profesional dan kekompakan seluruh personil pengelola Bumdes. 

Pada awalnya Bumdes menjalankan 2 ( dua ) jenis usaha yaitu kampung Wifi dan Budidaya jamur kuping. Diharapkan dengan adanya kampung wifi kebutuhan warga terkait kebutuhan informasi dan komunikasi akan  terpenuhi tanpa harus membeli dari luar desa. Sedangkan jamur kuping adalah karena adanya permintaan konsumen dan pabrik yang terus meningkat. 

Bumdes Surya Buana diresmikan oleh bapak Kepala Desa Mranggen yang ke 7 " Kazis Fuadi pada malam puncak perti desa dan gelar budaya Desa Mranggen pada hari Ahad tanggal 22 September 2019 puku 15. WIB dengan disaksikan tamu undangan dan warga sekitar. Kedepannya Bumdes akan menjalankan 5 ( lima ) jenis usaha diantaranya : Kampung Wifi, Jamur Kuping, Pamsimas, jasa pembangunan serta penyedia  sarana pertanian.